Cerita Sekolah

Kalkulatorku Fisikaku

@CIANJUR
25 Oktober 2012
Prolog
WAh, bentar lagi ujian. Hari ini tanggal 25 Oktober 2012, saatnya goes to Cianjur. Berhubung ada yang menawarkan rumahnya untuk ditempati, tentunya aku terima dengan senang hati. Yah, alaupun gak bisa lebaran haji di rumah sendiri, di rumah temen juga gak masalah. Yang penting bisa ngerasain daging qurban. WAH SENANGNYA…
Namun, aku tiffany dan nna, tidak mau buang-buang waktu cuman dengan santai-santai saja. Akhirnya, kita memutuskan untuk mengerjakan FISIKA. Kita mencoba mengerjakan soal uts tahun 2011. Start from number one. Wuh, masih gampang. next, masih bisa. And until number three. Wah, apaan th? pake rumus yang mana ya? ahh skip dulu deh. Next!
“…………………………..” kok? next aja deh. “…………………………………………, ………………………………, ………………………..” kita bertiga pun menggeleng-gelengkan kepala. Si nna tumbang. Aku pun ikut tumbang. Tapi tiffany ttp berjuang menghadapi soal-soal rumit itu. Yah namanya juga fisika, kalau aku bilang sih gak penting gimana gitu. Padahal, justru karena banyak yang gak suka, jadi banyak anak Indonesia yang malas membuat teknologi canggih. Tapi kali ini, soal-soal yang kita hadapi adalah FLUIDA. BAyangin aja, masak kekentalan darah aja dihitung?? ckckckckckck..
Adzan dzuhur pun berkumandang. Kita bertiga bangun dan segera melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah. Setelah itu, aku bergegas mengambil kertas yang pebuh dengan soal-soal fisika. Entah kenapa, kertas tersebut bagaikan magnet yang menarikku untuk mengerjakannya. Wah, ternyata tiffany udah ngerjain lebih dari 5 soal. Aku juga mau!
Aku pun mulai dari lembar kedua. Di lembar inilah aku menemukan secercah harapan. Hampir selembar, soal berkenaan dengan satuan SI.
Contoh: 100 mmHg= ……. Pa
nah, karena tampak mudah, aku mencari-cari penyelesaian di buku fisika Giancoli
Ini nih patokan buat soal-soal yang ada di lembar kedua
1 Pa= 1 N/m2
1 mmHg= 136 Pa
1 Pa= 7.5 x 10-3 torr
1 dyne/cm2= 0.1 Pa
1mmH2O= 9.81 Pa
Dan alhamdulillah semua bisa terpecahkan. Dan itu banyak membuatku lega. 1 lembar sudah ditaklukan.
bagaimana dengan lembar-lembar yang lain? masih ada 3 lembar yang belum semuanya bisa ditaklukan.
@gedung C PPBS
29 Oktober 2012
Welcome home! Sampailah di jatinangor. Hari ini ada tutor fisika. Wah, harus bener-bener dimanfaatkan tuh. Soal-soal yang belum bisa terpecahkan harus diselesaikan hari ini juga. H-2 menuju UTS FISIKA DASAR. Dengan segenap perjuangan dan semangat yang membludak, terselesaikanlah semua soal kecuali no 7. huaaaaaaaa rasanya bener-bener bahagia. Gak tau kenapa, aku punya feeling kalau soal uts fisdas besok bakalan sama persis soalnya dengan soal tahun lalu. mungkin gak ya? I say YES.
@aula gedung B PPBS
31 Oktober 2012
Jarum jam menunjukkan pukul 05.00 wib. 3 jam lagi waktunya uts fisdas. Karena no 7 belum terpecahkan, aku pun mencoba mengotak ngatik angka pada soal tsb. Finally, I can do this. FINISH for all number 🙂
Berangkatlah aku menuju kampus. Berdoa Berusaha dan Tawakkal. Sepanjang jalan aku terus berdoa,” Ya Alloh, permudahkanlah aku nanti.. karena hanya Engkaulah yang bisa membantuku.”
Sampai di ruangan, pandanganku tertangkap oleh sebuah benda. KALKULATOR. Astaghfirullah, bisa-bisanya aku lupa. Bagaimana ini? Kan gak boleh pakai kalkulator hp? aku pun langsung ke perpustakaan ppbs berencana meminjam kalkulator, dan hasilnya NIHIL. Ghoiro maujud. Di ruangan aku cuman bisa duduk membisu. Merenungi nasib, apakah hari ini aku akan selamat? bisa menghitung angka-angka fisika yang begitu luar binasa? jampi-jampi terus diucapkan. tak henti-hentinya komat kamit.
Hingga akhirnya, jreng jreng jreng……..
Pengawas pun tiba. Soal dibagikan dan peraturan ujian dibacakan. Dengan jelas terdengan BOLEH MENGGUNAKAN KALKULATOR TAPI TIDAK DENGAN KALKULATOR HP.
Rasanya ada bisikan-bisikan yang mengatakan CONGRATULATION~
hufth, hempasan udara dari mulut dan hidungku.
Harapan satu-satunya adalah soal harus sama persis. Karena itu akan mempermudahkanku untuk mengerjakan soal, ya karena aku udah hafal cara penyelesaiannya dan jawabannya. Soal sudah di tangan. Perlahan aku lihat lembaran soal itu.
nomor 1 :Loh kok………………………….??????
nomor 2 :ihh seriuss….???
nomor 3 :ini kan jawabannya….???
nomor 4 :bukannya ini yang diubah ke Pa dulu ya..??
………………………………………………………….
tet tot.
aku baru sadar! segera kubolak balik lembaran-lembaran itu. Ternyata soalnya sama persis..
hiks hiks hiks. beneran deh, itu kayak gak mungkin banget. Bisa-bisanya sama persis. Apakah ini pertolongan Alloh?
Ya Alloh betapa baiknya diriMu? Aku yang masih sering lalai dalam menjalankan perintahmu aja dibantuin, apalagi yang rajin ya? Sejenak aku merinding dan terharu. Engkau benar-benar membantuku. Dengan modal hitungan tangan dan otak, soal-soal fisdas uts ini bisa aku taklukan. Dan ini bukti nyata yang ke seribu kali, Alloh akan membantu hambaNya yang mau berusaha berdoa dan bertawakkal. Sampai sekarang, kejadian itu masih terbayang dipikiranku. Betapa Alloh Mahabesar dan Maha Penolong.
Aku bukannya mau pamer ato punya niatan buruk ya..
Aku pingin ngingetin kalian, kalau Alloh selalu ada buat kita.
kalau lagi susah, kebingungan, takut, atau apapun itu, minta aja bantuan ama Alloh.
Pasti dipermudah kok. Serius deh! seribu rius malah!
Keep HAMASAH kawan 🙂
Selalu ingat Alloh ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!