Cerita Makhluk Hidup

SOLANACEAE*

Capsicum frutescens
Nama umum cabai rawit, lombok rawit, cengek (Sunda). Ditanam di pekarangan, ladang, atau tumbuh liar di tempat-tempat yang tanahnya tidak lembap dan berpasir seperti di dekat pantai atau di hutan sampai ketinggian 600 m dpl. Tumbuhan menahun, batang percabangan liar, tumbuh memanjat, rnelilit, atau melata dengan akar lekatnya, panjangnya dapat mencapai 10 m. Percabangan dimulai dari pangkalnya yang keras dan menyerupai kayu. Daun tunggal, bertangkai, bentuknya bulat telur sampai lonjong, pangkal membulat, ujung runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan atas licin, permukaan bawah berbintik-bintik, panjang 8,5 – 30 cm, lebar 3 – 13 cm, hijau.
Bunga berkelamin tunggal, tersusun dalam bulir yang tumbuh tegak atau sedikit merunduk, bulir jantan lebih panjang dari bulir betina. Buah majemuk berupa bulir, bentuk bulat panjang sampai silindris, bagian ujung agak mengecil, permukaan tidak rata, bertonjolan teratur, panjang 2 – 7 cm, garis tengah 4 – 8 mm, bertangkai panjang, masih muda berwarna hijau, keras dan pedas, kemudian warna berturut-turut menjadi kuning gading dan akhirnya menjadi merah, lunak dan manis. Biji bulat pipih, keras, cokelat kehitaman. Perbanyakan dengan biji atau setek batang.
Klasifikasi
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Genus CapsicumSpesies Capsicum frutescens L.
Capsicum frutescens
Deskripsi Spot Character :
Tumbuhan cabai rawit memiliki bentuk bunga yang seperti bintang dan bentuk buah yang khas yaitu bulat lonjong.
 
 
 
 
Solanum nigrum
Nama umum leunca (Sunda) atau ranti. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan semak, dengan tinggi lebih kurang 1,5 m. Memiliki akar tunggang dengan warna putih kocoklatan. Batang tegak, berbentuk bulat, lunak, dan berwarna hijau. Berdaun tunggal, lonjong, dan tersebar Pangkal dan ujung daun meruncing dengan tepi rata. Pertulangan daun menyirip. Bunga berupa bunga majemuk dengan mahkota kecil, bangun bintang, berwarna putih, Buah berbentuk bulat, jika masih muda berwarna hijau, dan berwarna hitam mengkilat jika sudah tua. Buah mengkal dan matang dapat mengandung racun, tergantung galurnya. Buah yang dapat dimakan berasal dari kultivar yang hanya mengandung racun dalam kadar yang rendah. Untuk itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ranti di sembarang tempat.
Klasifikasi
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Genus Solanum
Spesies Solanum nigrum L.
Solanum nigrum
Deskripsi Spot Character :
Tumbuhan ranti atau leunca memiliki bentuk bunga yang seperti bintang dan buah yang khas yaitu bulat dan biasanya kecil, kurang dari satu 1 cm diameternya, sewaktu muda berwarna hijau dan berangsur ungu pekat ketika masak.
 
 
 
 
Solanum melongena
Merupakan tumbuhan perdu tegak, tinggi 1-2,5 m, Batang berkayu, berbentuk silindris, percabangan simpodial, batang muda berambut halus berwarna ungu. Arah tumbuh batang tegak lurus, arah tumbuh cabang condong ke atas. Daun tunggal, bertangkai silindris (panjangnya 0,5-2,5 cm), letak tersebar. Helaian daun bentuknya bulat telur, ujung tumpul, pangkal membulat, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 1,5-12 cm, lebar 1-5 cm, berwarna hijau. daging daun papyraceus.
Klasifikasi
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Genus Solanum
Spesies Solanum melongena L
Solanum melongena
Deskripsi Spot Character :
Bentuk bunga pada terung seperti bintang dan bentuk buahnya yang khas seperti kapsul dan bila sudah masak berwarna ungu.
 
 
 
Solanum pseudocapsicum
Solanum pseudocapsicum memiliki senyawa beracun yang terdapat di daun dan buahnya. Namun ada penelitian yang mengatakan bahwa tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai obat tradisional salah satunya untuk mengobati Gonorrhae.
Solanum pseudocapsicum termasuk tumbuhan semak dengan akar tunggang. Tipe batang tumbuhan ini berkayu dan tidak memiliki duri, sedangkan tipe daunnya tunggal, sedikit bergelombang, dan pada permukaannya terdapat rambut-rambut halus. Bentuk daunnya oblong-melanset dengan panjang 4-10 cm dan lebar 1-3 cm. Pertulangan daun Solanum pseudocapsicum menyirip dan memiliki peruratan daun seperti jala. Pada pangkal daun yang asimetris, terdapat tangkai daun kurang lebih 5-15 mm dan kedudukannya berseling.
Klasifikasi
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Genus Solanum
Spesies Solanum pseudocapsicum L.
Solanum pseudocapsicum
Deskripsi Spot Character :
Solanum pseudocapsicum memiliki bunga tunggal tipe bintang dengan mahkota yang berjumlah 5. Mahkotanya berwarna putih dan memiliki tangkai sari tipe syngenesis dengan panjang 2-3 mm. Buah Solanum pseudocapsicum ini bulat, berwarna orange cerah-merah, sedangkan bijinya pipih berwarna pucat atau kuning.
 
 
 
Solanum lycopersicum
Solanum lycopersicum atau biasa disebut dengan tomat merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan manusia. Tumbuhan ini tumbuh tegak atau bersandar dengan tanaman lain dengan tinggi 0,5 – 2,5 m. Buah tomat dapat dimakan langsung atau dibuat jus dan diolah menjadi saus tomat. Pucuk atau daun muda dapat dimasak menjadi sayur. Tomat sebagai tanaman budidaya. Habitatnya di ladang, perkebunan, pekarangan rumah.
Klasifikasi
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Solanales
Famili Solanaceae
Genus Solanum
Spesies Solanum lycopersicum L.
Solanum lycopersicum
Tomat memiliki akar tunggang. Warna batang hijau keputihan sampai hijau, gubal kayu berbatang lunak namun cukup kuat, bentuk batang persegi empat hingga membulat, permukaan batang berambut halus sampai kasar. Tipe daun majemuk ganjil, bentuk daun membulat telur hingga memanjang, ujung daun meruncing, pangkal daun meruncing hingga membulat. Tipe daun pada helaian besar berlekuk pada helaian kecil bergerigi, tulang daun menyirip, peruratan daun seperti jala, permukaan daun halus tidak berambut, warna daun hijau muda sampai hijau, kedudukan daun berselang-seling atau spiral. Tipe bunga majemuk, bentuk bunga bintang, warna mahkota kuning cerah sampai kuning, tipe benang sari kepala sari bersatu tangkai sari terpisah. Tipe buah buni sampai bervariasi, warna buah hijau kuning sampai merah.
 
 
Referensi:
http://www.plantamor.com/index.php?plant=273
Luqman. 2011. http://luqmanmaniabgt.blogspot.com/2011/10/deskripsi-cabe-rawit-capsicum.html. diakses tanggal 10 juni 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!