Cerita Makhluk Hidup

Sel dan Jaringan Tumbuhan#1

@depan lab mikro
24 September 2012
Sel merupakan unit struktural dan fungsional dari MH. Persamaam sel hewan dan sel tumbuhan yaitu ada pada bagian atau organel organel penyusun kedua sel tersebut, yaitu membran plasma, inti sel, sitoplasma, sitoskeleton, ribosom, retikulum endoplasma ( RE ), badan golgi , lisosom, peroksisom dan mitokondria.

Sel Tumbuhan mempunyai dinding sel dan plastida, dan tidak mempunyai sentrosom dan lisosom. Ada pun struktur sel tumbuhan:
1. Dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan, sehingga sel tumbuhan bersifat kokoh dan kaku atau tidak lentur seperti sel hewan. Dinding sel tumbuhan banyak tersusun atas selulosa, suatu polisakarida yang terdiri atas polimer glukan (polimer glukosa). Dinding sel tumbuhan berfungsi untuk melindungi, mempertahankan bentuknya serta mencegah kehilangan air secara berlebihan. Adanya dinding sel yang kuat, menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi.
Beberapa senyawa penyusun dinding sel, antara lain:
a. Hemiselulosa
Hemiselulosa merupakan polisakarida yang tersusun atas glukosa, xilosa, manosa dan asam glukoronat. Di dalam dinding sel, hemiselulosa berfungsi sebagai perekat antar mikrofibril selulosa.
b. Pektin
Pektin merupakan polisakarida yang tersusun atas galaktosa, arabinosa, dan asam galakturonat.
c. Lignin
Lignin hanya dijumpai pada dinding sel yang dewasa dan berfungsi untuk melindungi sel tumbuhan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan.
d. Kutin
Kutin merupakan suatu selubung atau lapisan pada permukaan atas daun atau batang dan berfungsi untuk mencegah dehidrasi akibat penguapan dan melindungi kerusakan sel akibat patogen dari luar.
e. Protein dan lemak
Di dalam dinding sel ditemukan dalam jumlah yang sedikit.
2. Membran Plasma
Membatasi isi sel dengan lingkungannya yang berungsi dalam regulasi permeabilitas yang keluar masuk sel.
3. Sitoplasma
Ribosom= sintesis protein dan menempel di RE atau tersebar bebas pada sitoplasma
RE= kasar: ribosom: sintesis protein ; halus: sintesis lemak
Diktiosom (sel hewan: badan golgi)= sekresi
Mitokondria= respirasi seluler/penghasil ATP
Plastida= leuklopas (tdk berwarna, terdiri dari amiloplas pmbentuk amilum dan elaioplas pembentuk minyak), kloroplas, kromoplas (kuning jingga kemerah-merahankrn mengandung pigmen karetenoid)
Vakuola= kantung yang dipisahkan dari sitoplasma oleh membran yang disebut tonoplas; berperan dalam pengangkutan dan penimbunan bahan makanan, metabolit dan limbah)
4.Inti
Sumber :
*Persamaan sel hewan dan sel tumbuhan – Dunia Hewan http://alam-hewan.blogspot.com/2012/05/persamaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.html#ixzz29l1pRAUQ
*http://lovely.zulafdal.com/2011/12/struktur-sel-tumbuhan-organela-dan.html#ixzz29l3uholf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!