Cerita Makhluk Hidup

Workshop BICONS

Acara workshop Bird Conservation Society berada di gedung BPLHD. Peserta yang hadir pun cukup banyak, ada yang dari ITB Kuningan dan tentunya HIMBIO UNPAD. Acara tersebut membahas tentang migrasi reptor Indonesia.
Bicons
Ternyata, Indonesia punya banyak jenis reptor. Tapi sekarang statusnya banyak yang sudah terancam punah. Contohnya elang jawa, sang GARUDA kita. Reptor tersebut sudah semakin sedikit jumlah populasinya. Padahal itu kan lambang negara kita. Perlu adanya sosialisasi ke masyarakat terhadap pentingnya melestarikan reptor. Karena reptor adalah penyeimbang rantai makanan.
Workshop tersebut juga mengajarkan bagaimana menghitung burung yang begitu banyak. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan “frame”. Nah itu modelnya mirip-mirip dan hitungan perkiraan. Jadi, misalnya dalam satu frame kita buat beberapa lingkaran dan setiap lingkaran ada 5 burung. Nah setelah itu kalikan saja dengan banyaknya lingkaran yang telah kita buat.
Indonesia adalah negara tujuan akhir dari migrasi para reptor. Oleh karena itu, karena sekarang adalah waktu migrasinya reptor, kesempatan bagi kita untuk meneliti reptor dari berbagai aspek.
Burung-burung yang bermigrasi itu seakan memiliki magnet. Mereka melewati jalur yang pada dasarnya itu aman bagi mereka. Dan tentunya, bagi generasi muda mereka kelak, akan mengikuti jalur yang telah mereka pernah lewati. Migrasi ini terjadi setahun sekali.
Lalu, bagaimana jika ternyata tempat singgah mereka, dilenyapkan…
apakah mereka masih tetap melewati jalur tersebut?
apakah mereka akan mencari jalur lain?
kemana mereka akan singgah jika lahan diubah menjadi gedung-gedung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!