Cerita Ibu Anak

Seberapa Aman Alat Masak Kita?

Jadi ceritanya setelah menikah aku mulai concern sama yang namanya alat masak. Masuk di usia 4 tahun pernikahan dengan dua buah hati, membuatku jadi belajar tentang pilah pilah alat masak. Awalnya dikira ya yg penting bisa buat masak, ternyata se-krusial itu, makanya banyak yang bilang dengan istilah:pentingnya investasi alat masak. Aku ga bakal bahas secara sains nya ttg komposisi alat masak, yang mau kutulis adalah kecondongan dalam memilih alat masak. Supaya lebih bijak namun tetap sesuai kebutuhan alias banget 😄

Alat masak di dapur

Teflon

Awal rumah tangga, alat masak berbahan teflon jadi pilihanku. Selain harganya yang sangat ramah di kantong, banyak pula yang mengklaim karna anti lengketnya sehingga menyenangkan ketika dipakai. Ga sampai 5 bulan, waktu itu masak telor, terus kaget karna pas ngelihat dari deket, telurnya itu ada hitam-hitamnya gitu. Waktu itu kupikir lada, tapi baru inget masak telurnya kan gapake lada 😅

Mulai deh parno, akhirnya ngecek teflonnya tuh, wah padahal masih mulus, tapi tetep aja ada bahan item nya yg ngelupas kemudian dia ikut menempel di makanan yang kita masak. Abis itu langsung cari info tentang alat masak selain teflon.

Alumunium

Waktu googling ketemu lah forum femaledaily yang ngebahas tentang alat masak sehat. Ternyata forum diskusi udah sampai ber laman laman. Dan karena penasarannya, bela-belain baca sampai begadang. Sampai ada kisahnya, ada keluarganya yang kena kanker padahal ga pernah jajan diluar sembarangan, malah justru suka bikin makanan dari dapur. Namun karna alat masaknya ga tepat, akhirnya kini ter diagnosis kena kanker. Serem bangeet😭

Nah, Alat masak bahan alumunium pun ternyata kurang direkomendasikan. Ketika kita masak dengan bahan alumunium, partikel nya terkikis dan ikut larut dalam masakan. Meski masih dalam kadar aman, tetap saja diharapkan tak begitu sering menggunakan alat masak tersebut.

Besi dan Stainless

Kalau orang zaman dahulu, alat masak nya terbuat dari besi yang pastinya betul beratnya. Karena di dukung pula dengan tungku pembakarannya 😆 Kalau sekarang mungkin masih kita jumpai di pedesaan. Katanya nih, karena alat masaknya dari besi, partikel besi yang ikut terlarut dalam masakan membuat orang-orang dahulu terpenuhi kebutuhan zat besi nya.

Namun kelemahannua buat sekarang, selain berat, besi pun mudah karatan. Sehingga kini alat masak dari besi pun dibuat agar tidak mudah karatan atau disebut dengan stainless steel. Alat masak dari stainless pun grade nya macam-macam. Ada yang paling murah sampe paling high quality. Prinsipnya stainless itu untuk masak sangat mudah hanya ketika api terlalu besar, akan mudah sekali meninggalkan noda membekas pada wajan, pan, atau panci pada alat masak stainless tersebut.

Tipsnya, kalau kita punya alat masak berbahan stainless, pastikan punya abu gosok di rumah. Jadi stiap abis pemakaian, noda bisa langsung dibersihkan dengan abu gosok tersebut. Ga cukup dicuci pakai sabun biasa, karna noda tersebut makin lama makin menumpuk.

Granit dan Marbel

Ada juga nih alat masak yang lapisannya dari granit dan atau marble. Prinsipnya ini mirip teflon, jadi tetap masih bisa mengelupas. Namun diklaim, lebih kuat dan tidak mudah mengelupas dibanding teflon. Harganya pun cukup terjangkau. Tipsnya, sehabis masak, didinginkan dulu jangan langsung dikenakan air dingin. Lalu, gunakan sutil yang berbahan silikon atau bukan yang tajam. Dan pastikan cuci dengan spons halus ya.

Keramik

Alat masak berbahan keramik yang tersebar di pasaran pun ga murni keramik loh. Masih ada yang campuran alumunium juga. Keramik yang asli itu bahannya dari tanah liat jadi pasti berat dan ga bisa buat goreng-goreng.

Tapi nih, banyak yang belum tau. Sajian semacam Carrousel atau Sapo, menggunakan wadah keramik loh yang bisa dimasak di kompor langsung. Syaratnya, dengan api kecil dan berkuah. Jadi kalau kita mau masak olahan berkuah, menggunakan wadah sapo ini bisa jadi solusi. Harganya murah ga nyampe 100 ribu udah dapet ukuran yang cukup besar untuk 4 porsi.

Kaca atau Pyrex

Alat masak dari kaca di klaim paling aman. Tapi karna jinan aman dan sehatnya itulah yang membuat harganya cukup melambung.

Meskipun begitu, pahami betul bagaimana cara membersihkan dan merawat alat dapur kita ya. Sesuaikan badget itu penting. Percuma kalau kita beli mahal tapi ga bisa merawatnya, meskipun aman dan sehat, masa pakainya pun bisa jadi lebih singkat.

Selamat pilah pilih alat dapur 🤩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!