Cerita Langit

Benarkah 'Stellarium' Berasal dari kata 'Stellata'?

Stellarium adalah aplikasi gratis yang fungsinya sama dengan Starry Night Pro. Walaupun tentunya ada perbedaan di antara keduanya. Ini dikarenakan, penggunaan aplikasi stellarium lebih mudah dibanding Starry Night yang komposisinya sangat komplit.
stellarium
Stellarium adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengintip ruang angkasa seperti bintang dan bulan. Bedanya, dalam “mengintip” kita tidak perlu lagi menggunakan binokuler seperti teleskop. Kita hanya cukup mengatur lokasi keberadaan. Untuk cara lengkapnya bisa liat disini.
Berangkat dari kata ‘stellarium’, yang terpikir adalah mengapa harus diberi nama stellarium? mengapa si pembuat tidak mengambil dari kata ‘star’? dari mana asalnya? diambil dari bahasa mana?
Mata kuliah struktur hewan
Pelajaran bab Jaringan Ikat.  Slide demi slide berganti. Pada bab ini, dijelaskan mengenai komponen sel pada jaringan ikat yang terdiri atas 5:
1. Fibroblas
2. Makrofag
3. Sel Plasma
4. Sel Mast
5. Sel Mesenkim
Berhenti pada slide ‘Sel Mesenkim’
suhe - slide mesenkim
Jaringan Mesenkim (kumpulan sel mesenkim) disebut juga sebagai jaringan primitif. Sel ini hanya dapat ditemukan pada embrio & fetus setelah fase 24; 32 hari. Pada saat dewasa, sel ini sudah tidak ditemukan lagi karena telah berdiferensiasi menjadi jaringan-jaringan lainnya.
Sel mesenkim berbentuk bintang atau yang disebut ‘stellata’. Walaupun bentuknya bukan seperti bintang segi 10, namun sel mesenkim bentuknya tidak teratur dan memiliki banyak penjulran dan saling berhubungan. Karena juluran yang banyak sehingga dalam ilmu biologi disebut berbentuk stellata atau bintang.
“Mesenchyme — embryonic c.t. with multipotential cells. The stellate cells are beginning to form fibers. Sometimes cells are more spindle shaped. Ground substance material is watery and invisible.”
sel stellata
stellate cell
mesenkim
Dari penjelasan sel mesenkim tersebut, terpikir bahwa bisa saja kata stellarium itu berasal dari kata ‘stellata’. Entah pembuat menyadari atau tidak, nama aplikasi astronomi ini berhubungan dengan biologi.
Lalu benarkah si pembuat mengambil kata ‘stellarium’ dari kata ‘stellata’? mari kita tanya pada bang Fabien Chéreau.
Sumber:
suhe
Mescher, AL : Junqueira’s Basic Histology: Text and Atlas 12th Edition: http://accessmedia.com
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/197003311997022-HERNAWATI/FILE_22.pdf
http://myudhaps.wordpress.com/2011/06/23/mengintip-ruang-angkasa-dengan-stellarium/
http://histovet1.blogspot.com/2009/09/jaringan-ikat_16.html
http://www.sciencesway.com/vb/showthread.php?t=2701#.UWvT2aJTCh0
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Pyramsdal-and-Spiny-stellate-cell.JPG

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!