Cerita Makhluk Hidup

Parenkim (based tissue)

Parenkim disebut jaringan dasar karena merupakan jaringan penyusun sebagian besar organ tumbuhan, yaitu empulur, kortek batang dan akar, mesofil daun, endosperm, daging buah, jari-jari empulur dan jaringan diantara xylem dan floem.
Sel-sel parenkim berdidinding tipis dan relatif besar, protoplasma berisi komponen-komponen hidup dan ergastik(tergantung pada fungsinya). Seperti pada mesofil merupakan bagian jaringan yang aktif untuk kelangsungan fotosintesis, maka akan banyak didapatkan kloroplas.

Sel parenkim yang banyak menganung klorofil disebut klorenkim

Bentuk umum dari sel-sel parenkim adalah iso-diametris. Bentuk/tipe parenkim lainnya sesuai dengan fungsinya antara lain:
1. Palisade, parenkim yang terdapat pada mesofil daun dikotil. Bentuknya prismatis memanjang. Banyak mengandung kloroplas.
2. Spon atau bunga karang, parenkim yang terdapat pada mesofil daun. Bentuknya tidak beraturan dan mempunyai ruang antar sel. Banyak mengandung kloroplas.
palisade spons
Preparat sayatan melintang Ficus elastica
Reagen air
p400x
3. Aktinenkim, parenkim yang terdapat pada tangkai daun tumbuhan yang batangnya berongga seperti pada tangkai daun Canna sp (puspa) dan Juncus sp. Bentuknya bercabang-cabang seperti baling-baling.
aktinenkim - tipe parenkim
preparat sayatan melintang tangkai daun Canna indica
reagen air
p400x
4. Aerenkim, parenkim yang terdapat pada tumbuhan air. Dimana aerenkim ini dapat digunakan sebagai penyimpanan udara sehingga tumbuhan dapat mengapung seperti pada batang Echornia crassipes (eceng gondok). Bentuknya isodiametris atau bulat membentuk mata rantai dengan ruang udara yang besar.
Aerenkim - tipe parenkim
Preparat sayatan melintang batang Echornia crassipes
reagen air
p400x
5. Parenkim lipatan, menunjukkan sel-sel parenkim yang berlekuk-lekuk ke arah dalam. Terdapat pada daun Pinus merkusii, Oryza sativa, dan Bambusa sp
Sumber:
Modul struktur tumbuhan (anatomi tumbuhan). Jurusan Biologi. FMIPA UNPAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!