Cerita Langit,  Cerita Sejarah

Tutorial accurate time

accurate time adalah aplikasi yang sangat berguna untuk menentukan waktu sholat yang akurat. karena dengan aplikasi ini kita bisa benar-benar menyesuaikan dengan lokasi yang tepat, sesuai yang kita inginkan.
pada kali ini, saya akan membantu anda untuk mempelajari cara-cara dalam menggunakan accurate time dalam rangka melihat “moon phase” atau fase bulan.
1. install accu_setup untuk aplikasi accurate time
2. buka aplikasi
1
3. tentukan lokasi yang anda inginkan. bila tidak ada, tambahkan lokasi (mencakup bujur dan lintang). untuk mencari bujur dan lintang dari lokasi yang anda inginkan, anda bisa menggunakan gps atau google earth. lalu klik add dan ok.
2
4. kita akan melihat bahwa aplikasi tersebut sudah tersetting tersetting sesuai dengan lokasi yang anda inginkan.
3
5. untuk mengetahui fase bulan, klik moon phase. moon phase ini dapat membantu kita untuk mengetahui kapan bulan baru/new moon/konjungsi/ijtimak. sehingga kita dapat memperkirakan umur bulan saat pengamatan hilal.
4
6. lalu klik calculate. muncullah fase bulan beserta waktu dan tanggalnya. ada bulan baru, quarter pertama, belun penuh/purnama, dan quarter terakhir. lingkaran pada gambar dibawah ini menunjukkan bulan baru pada tanggal 8 juli 2013. sehingga pada saat pengamatan hilal, umur bulan sekitar 3 jam. dan ini sulit sekali bahkan mustahil untuk terlihat. karena minimal hilal dapat terlihat pada saat umur bulan >8jam.
5
“semoga bermanfaat”
terimakasih atas ilmu yang telah diajarkan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!