Cerita Makhluk Hidup

This is Biology

belajar memaknai lebih dalam siapa sebenarnya ‘biologist’ itu? atau kamu pernah bertanya-tanya seberapa pentingnya biologi bagi kita, bagi negara kita?
siang ini. saat aku dalam ke-terburu-an ku. berpikir ke sana sini. dan tanpa disangka, kudapatkan sebuah pencerahan. 
saat kamu berbica tentang biologi. maka kamu berbicara tentang kehidupan. aku percaya itu. bagaimana pun juga saat kamu berkata ini itu aku akan berkata bahwa bukanlah ini maupun itu. sepakat dengan penyebutan bahwa biology is mother of science.
seperti yang dikatakan oleh seorang dosen di siang itu..
“mengapa tumbuhan ini sedikit sekali menghasilkan buah? mengapa buah jambu yang dihasilkan sedikit? bagaimana dengan yang lainnya ? buah-buah tak kunjung dihasilkan?”
dan kamu akan berkata. klasik.
“oh itu pupuknya yang kekurangan hormon.” atau “coba disemprot pembasmi hama, sepertinya kena serangan.”
dan ragam jawaban lainnya. yang hampir semua orang dengan pemikiran yang sama.
tapi biologi punya jawaban yang berbeda. katanya. This is Biology. We think about out of box!
“mari kita lihat dari segi penyerbukannya. bisa saja penyerbuknya yang sedikit sehingga kualitas berbuahnya pun berkurang.”
jika kita melihat dari segi lain. ini yang kita dapat. saat memiliki lahan yang ditanam dengan berbagai tumbuhan berbuah namuntanpa melihat pemicu penyerbukan seperti keberadaan insecta, burung, angin. dan itu semua biologi lah yang memikirkannya.
pernah mendengar tentang kompetisi labu terbesar di luar negeri? anak-anak kecil disana akan berkata bahwa,”This is Biology Development.” dengan pencampuran ilmu tapi dasarnya tetap saja genetika. bukan karena pertanian atau apapun itu. lagipula bumbu-bumbu pada tanah juga permainan dasar dari kimia. lagi-lagi from basic. semua tidak ada apa-apanya kalau bukan karena basic.
ada lagi. pernah tahu mengapa tentara israel takut dengan tentara hamas? aku baru sadar. sebenarnya yang mereka takutkan adalah ketika tentara israel membunuh satu tentara hamas maka yang terjadi adalah adanya tentara lainnya yang sama dengan tentara sebelumnya. sama-sama berjanggut tebal dan juga dengan gaya yang sama. mungkin mereka akan berpikir bahwa mengapa banyak sekali orang yang sama? apakah yang tadi dibunuh alalu hidup lagi? dan itu terus saja terjadi. 
ini bisa jadi sebuah fantasi dalam biologi. bisa saja kita terapkan di negara kita. mulai dengan krisis penjajahan. kita lakukan permainan genetika. hingga tentara-tentara yang mungkin suatu saat nanti menyerang, kita lawan dengan senjata biologi. mengerikan bukan. tapi bukanlah yang tidak mungkin jika ini terjadi. cloning, virus, dan lain-lain. ada kalanya setiap ilmuwan akan berpikir dan ‘dipaksa’ untuk melanggar norma etika. Naudzubillah.
sudahlah. jangan sekali-kali meremehkan orang basic. basic science. kalau kamu sempat atau mungkin sampai sekarang berpikiran seperti itu maka sekarang lakukanlah. hapus pikiran itu dari otak maupun benakmu. 
wajar jika banyak dari mahasiswa science di negara kita ini merasa sedikit malu untuk menyebutnya,”We are people basic science.” karena orang-orang disekitarlah, di negara kita yang terus saja menyudutkan. padahal disan dan disana. semua orang sudah sadar. semua orang sudah melakukan revolusi. iya, revolusi terhadap pemikirannya sendiri. mau bagaimanapun juga saat kamu mempelajar basic. dan ini itu atau bukanlah ini itu memang berasal dari basic. biologi adalah basic.  
 
 
sedikit review diantara perbincangan antara kami dan pak pam
 
Jatinangor, 2 September 2014
14.30 (UT+7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!