Cerita Sejarah,  Sastra dan seisinya

Begitulah Per(empu)an

teringat ketika seorang guru berbicara kepada kita semua, para santri tang untuk pertama kalinya duduk di tingkat menengah atas atau مدرسة العالية ..
aku suka sekali dengan penyebutan seorang perempuan. kalau kata beliau, kata perempuan itu berasal dari per(empu)an. empu bermakna sebuah kepemilikan atau milik. bahkan kalau dari cerita sejarah, adalah sebutan gelar kehormatan seperti empu prapanca, empu gandring, dan sebagainya.
pemilik. Alloh memang memiliki segalanya tanpa terkecuali. sedangkan apa yang kita punya saat ini, apa yang ada di tangan kuta saat ini sekalipun harta duniawi, itu adalah milikNya yang dititipkan kepada kita hingga seberapa baik kita menggunakan titipan tersebut. apakah untuk kepuasan pribadi atau untuk berbagi bersama.
perempuan adalah ‘empu’. mereka diciptakan dengan memiliki yang namanya rahim. alangkah indahnya rahim yang diciptakan oleh Alloh, hingga akhirnya para perempuan harus menjaganya dengan baik. beragam peristiwa yang akan terjadi dalam rahim tersebut. bahkan dengan rahim inilah, akan dipertemukan gen-gen penerus yang nantinya akan terbentuk nutfah, ‘alaqoh, mudhgoh, dan terciptalah sebuah janin.
perempuan itu istimewa. Sebegitu berharganya perempuan, Alloh menitipkan rahim: organ yang luar biasa.
begitulah per(empu)an. tidak sembarang orang mampu menjaga sebuah rahim.
Wallohu a’lam..
Jatinangor, 28 November 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!