Sastra dan seisinya

Sebentar Saja

Sepertinya sudah banyak cerita di semester ini. cerita tentang kebahagiaan, kesedihan, kemurungan, atau mungkin kekejaman. mungkin banyak yang bilang kalau sekarang adalah saatnya kita merasakan kejamnya orang-orang sekitar. tekanan terus berdatangan. sekalipun itu dri teman sendiri. yah, terlihat jelas dari raut wajah masing-masing dari kita. ada yang lingkar hitam bawah mata semakin luas, bibr memucat, kulit mengering, dan kelopak mata yang selalu berusaha memejamkan mata-menutup dunia luar.
aku dan kamu: kita sama. bukankah begitu?
ini yang disebut dengan lelah. kita semua sama-sama lelah karena jenuh. seketika dirimu yang lemah lembut berubah jadi bringas. atau mungkin aku yang tegar dan kuat tiba-tiba berubah menjadi terlalu sensitif seakan-akan semuanya adalah sebuah keselahan. mengobrak-abrik kata dan makna. menginjak-injak untaian manis. menjilat dari belakang.
sekarang semakin terlihat jelas. inikah diri kita yang sesungguhnya?
“haha.” aku ingin sekali tertawa.
lihat, sudah banyak yang ngelantur. ada cerita tentang kesehatan: yang akhirnya mimisan setelah sekian lama tak pernah mengalaminya atau demam di setiap weekend. cerita tentang catatan kuliah: belajar memboloskan diri. telat dua jam dan masih berani masuk kuliah, di-sms dosen karena salah penyebutan nama. cerita tentang kisah silam: pengabdian sebagai mehasiswi ekstrim. cerita tentang masa depan: yang menjadikan pernikahan sebagai puncak keinginannya di semester ini. katanya sih daripada mengerjakan tugas-tugas akademik lebih baik mempersiapkan diri sebagai istri sholihah. haduuuh, benar-benar.
kadang lucu. kadang sebal. kadang setiap perbuatan ingin sekali dibuali dengan air mata.
iya, kupikir kita butuh jeda. selang waktu di tiap rutinitas kita. antara aku dan tugas-tugasku, antara aku dan pekerjaanku, antara aku dan sekelumat pikiranku, dan juga antara aku dan kamu.
kita memang butuh jeda.
percayalah, sebentar saja.
Jatinangor, 19 Oktober 2014
21.48 (UT+7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!